Kegagalan Itu Sesekali Perlu Ditertawakan. Biar Kepala Nggak Panas dan Jiwa Tetap Waras

Hidup tidak selalu berjalan sesuai kemauan kita. Beberapa hal yang semula kita anggap akan membahagiakan kadang malah malahan berjalan sangat buruk. Seberapapun kita menyiapkan suatu hal untuk sukses tetapi jika Tuhan tidak menginginkan, karena itu kegagalanlah yang akan diterima.

Ketidakberhasilan sering membuat orang takut untuk coba kembali. Tidak lain sebab mereka lagi dihantui bayangan kekeliruan di masa lampau. Walau sebenarnya sebenarnya ada pelajaran yang bernilai yang dapat diambil dari satu ketidakberhasilan yang bisa bermanfaat di peluang selanjutnya. Untukmu yang kerap hantu namanya ketidakberhasilan, kamu harus berdamai dengan masa lampau dan mulai menertawai babak jelek itu dalam kehidupanmu.

Salah satunya langkah menangani bayangan ketidakberhasilan yang sering tampil dalam daya ingatmu dengan maafkan diri kamu di masa lampau. Maafkanlah diri kamu yang sudah lakukan kekeliruan besar di masa lampau. Ketahui jika kamu yang dahulu masih payah dan asal-asalan dalam melakukan tindakan, tetapi yang berakhir biarkanlah berakhir. Berdamailah dengan diri kamu sendiri. Diamkan saja itu muncul terbenam dalam kepalamu, tetapi jangan dibiarkan itu mengganggumu. Masih konsentrasi capai mimpi yang kamu pengin mewujudkan.

Salah satunya langkah yang pantas kamu coba untuk hadapi bayangan masa lampau yang tampil, ya dengan menertawakannya. Tidak perlu begitu serius dalam mengeluhi kekeliruan, kelalaian, hal yang menyakitkan, dan nasibmu yang jelek itu. Tertawakan saja diri kamu yang belum dewasa saat itu. Seenggaknya menertawai ketidakberhasilan jauh lebih bagus dibanding mengeluhinya. Dan menertawai hidup sedikit dapat membuat kamu lega barang sesaat.

Beberapa orang malu dan tutup rapat cerita periode lalunya yang gelap. Kemungkinan itu bagus untuk menghindarimu dari menyebarnya rahasiamu ke rekan-rekan sepanjang kamu dapat memikulnya sendiri. Tetapi kadang ada sebagian orang yang tertekan jika simpan permasalahannya sendiri. Jika kamu type yang ke-2 , sebaiknya kamu katakan saja jika kamu tidak nyaman menyimpan sendiri. Disamping itu dapat melegakanmu, bercerita ceritamu ke rekan-rekan paling dekatmu sedikit dapat menolong mereka mengenali dan pahamimu.