7 Pertanda Kamu Punya Masalah dengan Harga Diri. Kamu yang Sering Minderan Harus Sadar Ini!

Menyangsikan diri kita, kurang percaya diri pada prestasi seseorang, takut pada ketidakberhasilan itu hal yang umum. Berarti dapat dirasakan oleh siapa saja di dunia. Tapi jadi tidak biasa jika kamu rasakan tiap hari. Ditambah lagi jika ditambah lagi rasa yakin jika diri kamu tidak dapat apa-apa atau kehadiranmu di bumi ini percuma.

Jika itu kamu rasakan, mungkin sebenarnya kamu mempunyai harga diri yang rendah. Kamu selalu berasa diri kamu tambah jelek dari dari pihak lain, hingga kamu berasa seseorang harus diprioritaskan. Rasa harga diri kamu yang rendah dapat mengambil sumber dari minimnya penghargaan pada diri kamu sendiri. Jika beberapa hal ini kamu rasakan, bermakna betul jika kamu kurang menyukai diri kamu sendiri.

Rutinitas memperbandingkan diri kita sama orang lain dapat berawal dari merasa tidak nyaman pada diri kamu sendiri. Ingatkah kamu mengenai arti rumput tetangga tentu lebih hijau dibanding rumput di halaman sendiri? Itu yang berlangsung bila kamu selalu memperbandingkan diri kamu sama orang lain. Rasa yang akan berlangsung hanya makin kamu akan menyaksikan kekuranganmu sendiri. Walau sebenarnya tak pernah ada kelompok yang cukup buat memperbandingkan dua pribadi, bahkan juga walau mereka mempunyai satu atau dua kecocokan. Yang perlu kamu tulis, pasti jika tiap orang mempunyai keunikannya sendiri-sendiri.

Salah satunya sinyal jika harga diri kamu rendah ialah jika kamu mohon maaf untuk apa saja yang kamu kerjakan dan tidak kamu kerjakan. Seperti pernyataan selamat pagi dan selamat sore, ‘sorry’ ada juga timing dan kondisinya sendiri. Menjelaskan ‘sorry’ perlu waktu kamu melakukan perbuatan salah, atau lakukan suatu hal yang keliru. Tetapi jika kamu meminta maaf waktu seorang pengin mintam pulpen kepadamu dan kamu tidak punyai, itu terang tidak tepat.